Artificial Intelligence dan Big Data untuk Keselamatan Publik

JAKARTA- Teknologi memegang peran penting bagi keselamatan publik. Konferensi Public Safety Indonesia (PSI) 2019 yang mengangkat tema besar “Strengthening Through Collaboration” akan menggali diskusi dengan topik Technology and Internet of Thing (IoT) in Public Safety, Kamis 28 Februari 2019.

Sejumlah pakar akan menguraikan berbagai perkembangan yang terjadi di dalam area keselamatan publik yang berkaitan dengan teknologi. Salah satunya, Peter Ship dari SAS. Konsultan keamanan profesional itu akan menunjukkan disrupsi teknologi digital yang terjadi di bidang keamanan. Dia akan menunjukan bagaimana video pintar pengawas keamanan bekerja secara otomatis untuk merespon ancaman keamanan lebih awal. Ship akan membahas topik Digital Disruption in Indonesia Public Safety: Utilizing Smart Video Surveillance, Automated Alerting for Faster Response.

SAS mengembangkan teknologi untuk dapat merespon cepat terhadap kejahatan, terorisme, dan ancaman keamanan. Mereka menggunakan pendekatan berbasis analis yang kohesif terhadap penilaian resiko dan ancaman. Inovasi yang berbasis pada Artificial Intellegence (AI) atau kecerdasan buatan ini sangat bermanfaat bagi intelejen keamanan.

AI merupakan komponen penting dalam keselamatan publik. AI menjadi perpanjangan mata secara digital, dan mengawasi dan menganalisis gerakan untuk membantu polisi mendeteksi kejahatan dan memantau ruang publik untuk kecelakaan serta gangguan.
Kecerdasan buatan berkembang pesat pada era digital. Berbagai kebutuhan manusia dapat dipenuhinya. Salah satunya, platform analisis video cerdas Nodeflux. Startup yang berasal dari Indonesia ini telah digunakan oleh, antara lain, Pemprov DKI dalam Jakarta Smart City.

Nodeflux adalah platform analisis video cerdas pertama di Indonesia. Startup ini mengubah cara organisasi menggunakan data, melalui teknologi canggih. Industri pariwisata, perhotelan dan ritel membutuhkan analisis video cerdas ini. Dengan fitur pengenal wajah, kerumunan orang yang hilir mudik di ruang publik dapat dikenali lewat AI yang dikembangkan oleh Nodeflux.

Solusi yang ditawarkan Nodeflux mencakup berbagai sektor termasuk pertahanan dan keamanan,
kota pintar, dan analisa toko. Nodflux menggunakan algoritme untuk pengukuran orang, deteksi pelanggaran aturan, manajemen dan pengukuran lalu lintas, dan pemantauan sungai, banjir, sampah, dan sebagainya.

Bila Anda penasaran dengan Nodeflux, Anda dapat menghadiri panel diskusi Crowd Control for Mega Events yang akan diselenggarakan pada hari kedua Konferensi PSI 2109, Jumat 1 Maret 2019. Meidy Fitranto, CEO sekaligus Co-Founder Nodeflux, hadir sebagai panelis diskusi.

Diskusi menarik lainnya, tentang drone. Pada gedung bertingkat yang sulit terjangkau dan memiliki resiko tinggi seringkali membuat para petugas keamanan kesulitan dalam melakukan inspeksi. Pesawat tanpa awak atau unmanned aerial vehicle atau yang biasa disebut drone dapat menjadi solusi dalam tugas inspeksi tersebut.

Drone dapat melakukan pengambilan gambar (imagery) pada seluruh bangunan secara visual. Penggunaan drone dalam inspeksi keamanan pada infrastruktur bermanfaat untuk memastikan keselamatan publik.

Julius Agus Salim President Director of PT Famindo Inovasi Teknologi, perusahaan yang spesialis mengembangkan teknologi drone, akan memberikan insight pada Konferensi Public Safety Indonesia di hari kedua, Jumat 1 Maret. Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Kepolisisian Republik Indonesia, Baadan SAR Nasional, maupun Badan Inteligen Negara, merupakan institusi keamanan yang telah menggunakan drone.

Inovasi berbasis teknologi informasi pada akhirnya membutuhkan big data. Bagaimana big data dapat diaplikasikan dalam sistem keamanan juga mendapat perhatian di dalam Konferensi Public Safety Indonesi 2019. Anda dapat mengikuti diskusi dengan topik Applying Big Data Analytics to Physical Security Operations pada hari pertama konferensi, Kamis 28 Februari 2019.
Topik-topik penting yang tak kalah menariknya untuk diikuti, antara lain tentang:
• Information and Communication Technologies (ICT) for Public Safety
• Using Cloud Platforms and Intelligent Analytics to Improve the Effectiveness and Efficiency of Law Enforcement, and Ensure a Safe Environment for the Public
• Cyber Security and Critical Information Infrastructure:
• Building a Comprehensive Map of Cybercrime in Indonesia

Beragam topik presentasi dan panel diskusi ini dapat melengkapi pemahaman Anda. Hal-hal yang tak terpikirkan sebelumnya ternyata akan menjadi suatu kenyataan. Kejahatan akan terus berkembang mengikuti zaman. Keselamatan publik membutuhkan inovasi pada sistem keamanan dan kolaborasi bersama para pakar keamanan.

Leave a Comment